Form WhatsApp

Kurma dapat mencegah stroke

shape image

Kurma dapat mencegah stroke

   Kurma adalah buah impor khas timur tengah yang tidak slit kita dapatkan di pasar-pasar. namun tidak banyak dari kta yng tau betapa banyak zat dan khasiat yang terkandung di dalamnya.
  Kurma sebenarnya berasal dari keluarga jenis palma seperti kelapa sawityang di kenali sebagai Phoenik dactylifera. ia sudah mulai di tanam sejak zaman ourba dari zamn mesopotamia hingga ke zaman prasejarah Mesir, kemungkinan sekitar  tahun 6000 SM.
  Meskipun tergolong sebagai keluarga palma, pohon kurma paling produktif mencapai ketinggian hingga 30 meter. ia juga di anggap sebagai pohon kehdupan orang Arab.
  Kurma mengandung vitamin A dan B dan berbagai mineral seperti kalsium,posfor,potasium dan serat. Selain itu, ada sesuatu yang unik. Kurma ternyata lebih banyak mengandung Zat protein dibandingkan dengan buah-buah yang lain. Bahkan ada sebagian dokter yang percaya bahwa buah kurma lebih banyak mengandung protein dari pada susu ibu.
  Satu dari khasiat kurma adalah menguatkan sstem penceraan karna kaya dengan kandungan seratnya. ia juga di gunakan untuk mengatadi sembelit dan diare. Bahkan di percaya memakan kurma sebelum sarapan bisa membuuh cacing dalam perut.
  Ramuan atau campuran kurma dengan susu merupakan tonik yang ideal dan justru itulah di sarankan agar meminu ramuan ini bagi mereka yang baru sembuh  dari demam atau sakit. buah yang manis ni juga dapat membantu mereka yang menderta darahvtnggi dan berupaya memelihara kesehatan jantung.
  Satu butir kurma kaya akan energi dalam bentuk Hidrat arang (6,1), serat, potasium, (54,3mg), dan cukup zat besi.
  Satu atau dua butir kurma sudah bisa mengganti energi yang berkurang saat puasa. 
  Potasium bermanfaat untuk mengatasi kelelahan otot, juga menurunkan tekenen darah tinggi dan resiko stroke.seratnya baik untuk mengatasi sembelit.Tekstur serat pada kurma cukup halus, aman untuk lambung yang sensitif dan radang usus. kombinasi zat besi dan hidrat arang baik bag penderita anemia dan lesu kronis.
  Bagi anak-anak juga di anjurkan memakan kurma karna baik untuk pertumbuhan gigi. Walaupun kandungan gula dalam kurma  memang tinggi ia tidak menggangu kesehatan karna kandungan gulanya bersifat alkalin dan di bantu pula dengan kandungan  vitamin dan mineral yang lain.
   Kurma menurunkan Resiko stroke
  Kandungan kalorinya yang tinggi dan mudah di cerna oleh tubuh memang cocok kalau di konsumsi saat berbuka puasa. Namun, ada khasiat yang lebih istemewa: kurma bisa menurunkan resiko serangan stroke berkat tigginya kalsium yang di kandungnya.Kandungan lemak pad kurma juga bisa di abaikan. Namun karbohidratnya yang tinggi membuat buah ni menyediakan energi yang tinggi pula . Malah paling tinggi diantara keluarga buah-buahan.  kurma juga mengandung zat penting bagi tubuh terutama jantung dan pembuluh darah, yaitu kalium. fungsi mineral itu membuat jantung denyutnya makin teratur, mengaktifkan kontraksi otot, serta membatu mengaturtekanan darah.
  Makin banyak makanan  kaya kalium yang di konsumsi biasanya makin kecil  kemungkinan orang menderta stroke.  para peneliti menympulkan dengan hanya mengkonsumsi satu porsi ekstra makanan kaya kalium (minimal 400 mg setiap hari) risiko fatal bisa di turunkan hingga 40%. batas krisis 400 mg kalium itu mudah sekali anda penuhi dengan makan kurma kering sekitar 65 g saja, atau setar dengan 5 butir kurma.
  Makanan tinggi kalium, menurut Dr.louis Tobian, jr., pakar penyakit darah tinggi dari kota University AS, juga bisa membatu menurunkan tekanan darah tinggi serta bisa memberi kekuatan tambahan dalam mencegah stroke secara lansung, bagaimanapun kondisi tekanan darah seseorang.
  Jadi jelas, kurma yang secara tradisional di suguhkan sebagai salah satu hidangan untuk berbuka puasa, bukan makanan biasa , diam diam ia menyimpan senjata potensial antistroke dan ant serangan jantung. Meski demikian untuk memastikan dampak positif dari buah ini masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut.
  Menurut dr. Anwar ei mufti dari mesir  kurma mengandung gula 70%.  dengan demikian akan menghasilkan tenaga yang tinggi , tana mempersulit tubuh untuk mengolah , mencerna dan menjadikan gizi yang baik. itu sebabnya kenapa buah kurma di anggapsebagai buah yang ideal untuk hidangan berbuka puasa ataupun sahur.
   Segelas air yang mengandung glukosa, menurut Dr.David Connng,terserap tubuh dalam 20-30 menit, tetapi kandungan gula yang ada dalam kurma akan habis terserap oleh tubuh 45-60 menit.; Makanya, orang yang makan banyak kurma pada waktu sahur akan menjadi segar dan tahan lapar, sebab bahan pangan ini juga kaya akan serat.
  Keunggulan kurma lainya mengandung berbagai vitamin penting seperti Vitamin A, tiamin, dan riboflavin dalam jumlah yang bisa di andalkan , sserta niasin dan kalium dalam jumlah yang banyak. selain itu , zat zat gizi lain seperti zat besi, vitamn B, asam nikotinat, dan serat serat dalam jumlah memadai.
  Riblovain dan niasin misalnya, akan membantu melepaskan energi dari makanan, sementara titamain membantu melepaskan energi dari karbohidrat. Vitamin A dan Niasin memerankan peranan dalam membentuk dan memelihar akulit yang sehat. Tiamin penting bagi sel sel saraf, sementara niasin menjaga fungsi normal saraf.
  Kurma juga mengandung banyak mineral penting, seperti magnesium,potasium, dan kalsium. mineral mineral itu sangat penting di perlukan oleh tubuh. serat dalam kurma berfungsi melunakkan usus dan mengaktifkanya, yang secara alami bisa memoermudah buang air besar. dalam kurma juga terdapat semacam hormon (potuchsin) yang bisa menciutkan pembuluh darah dalam rahim, sehingga bisa mencegah pendarahan rahim.***


  Salam sayang dan bakti saya untuk kedua orang tua di rumah

Post a Comment

© Copyright 2019 Edy suwarsitos' Blogger

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now