Form WhatsApp

Tips Cerdas Ajari Anak Berbicara

shape image

Tips Cerdas Ajari Anak Berbicara


Orang zaman dulu kerap berpendapat, anak yang tumbuh giginya cepat atau cepet berjalan pasti ngomongnya terlambat. Tapi, tidak semua anak demikian. Kadang telambat bicara menandakan sesuatu yang kurang beres, misalnya gangguan pendengaran atau misal lainya autisme.

Namun bila semua masalah fisik itu bisa dikesampingkan , artinya anak anda sehat sehat saja. Mungkin ia telat berbicara karena ia tipe pendengar yang baik, mungkin karena ada kendala psikologis karena orang tuanya atau pengasuhnya jarang mengajaknya bicara.
Meski terlambat, bila hal itu terjadi, anak bisa di latih untuk berbicara. Akhirnya nanti, anak akan mencapai kemampuan berbicara sesuai umurnya. anak umur 3 tahun harusnya bisa mengucapkan tiga kata dengan jelas, 18 bulan sudah mempunyai perbendaharaan kata lebih dari selusin, 21 bulan bisa merangkai kalimat sederhana, dan dua tahun sudah bisa menyebut anggota tubuh, warna, atau nama benda.

Berikut ini yang bisa anda lakukan untuk memacunya berbicara :

1. Terus berkomentar. Meski anak belum bisa mengatakan sendiri, anda bisa membicarakan berbagai hal. Misalnya saat makan, anda berbincang ini sendok, ini piring, dan seterusnya.
2.Membaca puisi, menyanyi, atau membaca cerita bersama. nyanyikan lagu atau puisi sederhana.
3 Berbahasa yang baik. Pada umumnya anak kecil belum bisa berkata kata dengan sempurna. Anda tidak boleh menirukanya. hindari menirukan kata kata dari si anak dan tuntunlah untuk berkata yang benar.
4. Banyak bertanya. Jadi orang tua harus "cerewet". Biasakan bertanya banyak pada anak kecil, misal pada saat ganti baju, mau warna ijo apa kuning, dan seterusnya.
5. Beri kesempatan pada si kecil untuk berkomentar. Apapun bunyi dan komentar dari  mulutnya beri perhatuian sepenuhnya.
6. Sederhanakan kalimat panjang. Misalnya, kalimat sederhana , ibu kerja, kakak sekolah dll.
7. Menghindari kata ganti. Sebut namanya dengan jelas, hindari menggunakan kata ganti karena anak akan menjadi bingung.
8. Nada tinggi biasanya menarik perhatian anak anak. Jadi, ucapkan kata kata dengan nada tinggi biar anak tertarik. Nada tinggi bukan berarti teriak atau marah loh.
9. Membaca dengan keras. Bila anda bosan membaca buku si kecil yang itu itu saja, bacakan koran, resep masakan, brosur, atau apapun yang bisa di baca.

Anak kecil sangat rentan sekali mendengar perkataan dari orang lain, terutama ibu dan ayahnya, Hindari berkata kata yang tidak pantas karena anak tidak akan melepaskan momen itu untuk segera menirukanya.
                                 salam bebyku....

Post a Comment

© Copyright 2019 Edy suwarsitos' Blogger

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now